BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 05 Agustus 2010

XXI. Rangkuman Bab 16 Sampai Dengan 20

Penulis 1 Yohanes 4:1-3 memerintahkan setiap orang Kristen yang taat pada Firman Allah untuk menguji “roh-roh itu” apakah mereka berasal dari Allah atau tidak. Setiap orang Kristen mengenal Roh Allah ketika mereka mengaku Yesus Kristus berasal dari Allah dan menjelma menjadi manusia. Akan tetapi, banyak nabi palsu yang mengejawantahkan roh antikristus tidak mengaku bahwa Yesus berasal dari Allah. Nabi-nabi palsu itu sudah pergi memasuki dunia dan menyesatkan orang-orang yang tidak atau kurang beriman pada Yesus Kristus. Benny Hinn salah seorang nabi palsu abad ke-20 dan masa kini.

Berdasarkan perintah tadi dan perintah-perintah terkait lainnya dalam Alkitab, bab 16 sampai dengan 20 bertujuan untuk menguji sekali lagi apakah nubuat-nubuat Benny Hinn dan nabi-nabi palsu lainnya benar-benar dituntun Roh Allah atau tidak. Caranya adalah dengan membanding-bandingkan tingkat penggenapan nubuat-nubuat Hinn dengan tingkat penggenapan berbagai ramalan non-Kristen dari berbagai sumber. Kesimpulan yang kita peroleh dari kelima bab tadi? Semua ramalan non-Kristen itu punya tingkat akurasi yang lebih tinggi, bahkan mengungguli, tingkat akurasi nubuat-nubuat Benny Hinn yang didaku adalah tuntunan Roh Kudus.

Dalam bab 16, kecermatan penggenapan nubuat-nubuat Benny Hinn dibandingkan dengan kecermatan ramalan dua orang dukun tradisional di Irian Barat. Ramalan-ramalan mereka berdua digenapi seratus persen sementara nubuat-nubuat Benny Hinn tidak sekalipun digenapi.

Dalam bab 17, kecermatan penggenapan penantian kembalinya Tuhan Negara-Bahagia dan Utopia yang dibawanya dalam mitos keramat suku Biak-Numfor dan penantian eskatologis atau utopian suku-suku Papua di Hollandia dan sekitarnya selama berabad-abad digenapi secara aneh dan bahkan di luar imajinasi mereka. Tingkat kecermatan penggenapan ramalan-ramalan non-Kristen dari Papua itu mengungguli kegagalan penggenapan nubuat-nubuat Benny Hinn.

Bab 18 tentang mitos kultus kargo suku Sawi dan Auyu di Nieuw Guinea Belanda bagian selatan dan konsep kebudayaan spiritual suku Sawi tentang anak perdamaian dan remon. Wujud dari kepercayaan tradisional mereka yang sudah mereka nantikan selama berabad-abad akhirnya digenapi di abad ke-20 oleh kehadiran orang berkulit putih, khususnya, misionaris berkulit putih yang tinggal dan bekerja di antara mereka. Digenapinya penantian spiritual mereka selama ratusan tahun menunjukkan tingkat kecermatan yang mengungguli melesetnya nubuat-nubuat Benny Hinn.

Bab 19 berisi uraian, penjelasan, dan pemerian tentang jenis ramalan non-Kristen lain yang digenapi di abad ke-20 dan, diperkirakan, di abad ke-21. Itulah ramalan-ramalan berdasarkan berbagai novel dan film rekaan ilmiah. Ramalan-ramalan rekaan ilmiah yang sudah digenapi sekali lagi meyakinkan kita lebih daripada kegagalan nubuat-nubuat Benny Hinn.

Penggenapan ribuan ramalan ilmiah Bruce Bueno de Mesquita menunjukkan betapa ramalan-ramalan non-Kristen punya keunggulan persuasif dibanding nubuat-nubuat yang tidak digenapi dari Benny Hinn. Bab 20 berisi rincian tentang penggenapan banyak ramalan ilmiah Bueno de Mesquita.

Sesudah mengadakan ujian-ujian lain berdasarkan ramalan-ramalan non-Kristen terhadap nubuat-nubuat Benny Hinn yang didaku adalah tuntunan Roh Kudus, kita tidak bisa mengelak dari kesaksian Alkitab. Karunia bernubuat seperti yang dijelaskan dalam 1 Korintus 13:8-9 sudah berakhir sejak rasul terakhir Yesus wafat atau sejak kanonisasi Perjanjian Baru menjelang akhir abad ke-4 Masehi. Nubuat-nubuat apa pun dari para nabi palsu, termasuk tentang akhir zaman, tidak lagi dituntun oleh Roh Allah tapi oleh roh-roh lain. Sejarah nubuat dan ramalan yang tidak digenapi seratus persen, seperti yang sudah diuraikan dalam suatu bab sebelum bab 16, dan masalah nabi-nabi palsu yang sudah disebut-sebutkan dalam PB memperkuat premis bahwa karunia bernubuat sudah berakhir seawal-awalnya sejak wafatnya rasul terakhir Yesus dan selambat-lambatnya sejak kanonisasi Perjanjian Baru. Karena itu, janganlah percaya pada nubuat-nubuat para nabi palsu masa kini, seperti Benny Hinn. Nubuat-nubuat mereka tidak dituntun Roh Kudus tapi dituntun roh-roh penyesat. Itulah sebabnya nubuat-nubuat mereka, termasuk nubuat-nubuat Benny Hinn, berisi kebohongan.

Jauh lebih baik para nabi palsu itu berbalik dari kesesatannya dan belajar, misalnya, ramalan ilmiah berdasarkan teori permainan atau teori pilihan rasional, seperti yang ikut dikembangkan Profesor Doktor Bruce Bueno de Mesquita. Tingkat akurasinya lebih tinggi. Atau mereka bergabung dengan tim sandi Alkitab, belajar tentang cara menguraikan sandi-sandi itu, dan menemukan kebenaran di dalamnya. Tingkat kebenarannya malah lebih tinggi dari tingkat kebenaran nubuat-nubuat mereka. Kalau mereka (dan Anda) berminat, akseslah http://www.biblecodedigest.com untuk mendapatkan penjelasan dan berbagai contoh uraian sandi Alkitab itu. (Untuk mengakses alamat situs ini di sini, blok seluruh alamatnya dengan kursor mouse, tahan blok berwarna biru yang muncul, klik kanan, lalu klik Buka http://www.biblecodedigest.com).

0 komentar: