BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 30 Juni 2010

V. Mempertanyakan Kuasa Urapan Roh Kudus atas Benny Hinn


Anda mungkin tidak akan segera percaya kalau apa yang Benny Hinn kleim sebagai kuasa urapan Roh Kudus diperolehnya melalui konsultasi pada arwah-arwah! Istilah teknis tentang konsultasi pada arwah-arwah adalah nekromansi. Arti umum nekromansi adalah ilmu gaib atau ilmu sihir; arti lainnya adalah praktek yang mencoba berhubungan dengan arwah-arwah demi meramalkan atau memengaruhi masa depan. Orang yang mempraktekkan nekromansi disebut nekromanser.

Benny Hinn, Seorang Nekromanser

Benny Hinn mengakui dia seorang nekromanser. Dia mengunjungi kubur Kathryn Kuhlman (meninggal dunia 1976) demi “pengurapan” dan hal-hal lainnya. Pada tanggal 7 April 1991, dia menyingkapkan bahwa dia secara berkala mengunjungi kubur Kuhlman.

Apa yang terjadi dengan pengakuan Hinn bahwa dia seorang nekromanser? “Urapan” atas penginjilannya “berlipat ganda.” Meskipun Hinn percaya urapannya berasal dari Roh Kudus, urapannya bisa jadi adalah karya roh-roh jahat dalam rupa arwah Kathryn Kuhlman dan arwah-arwah dari tokoh-tokoh penginjilan lain yang kuburnya pernah dikunjungi Hinn.

Alkitab Melarang Nekromansi dan Nekromanser

Alkitab melarang orang Kristen berbicara pada arwah-arwah. Roh-roh orang mati ini sebenarnya adalah roh-roh jahat. “Di antaramu janganlah didapati … seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, atau seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu” (Ul.18:10-12). Waspadalah terhadap kuasa urapan Roh Kudus atas Benny Hinn!

Konsultasi Raja Saul pada Arwah Nabi Samuel

Suatu contoh nekromansi dalam Perjanjian Lama adalah kisah Saul yang ditolak Tuhan karena ketidakpatuhan dia pada-Nya. Saul adalah raja pertama Israel kuno, dari suku Benyamin. Dia diurapi nabi Samuel, waktu itu pemimpin bangsa dan seorang hakim Israel kuno. Di awal kepemimpinannya sebagai raja, Saul yang dipilih rakyat Israel, mampu mengalahkan musuh-musuh kerajaannya: bangsa Amon, Filistin, Moab, dan Amalek. Tapi Saul kemudian beberapa kali tidak mematuhi sepenuhnya perintah Allah melalui Samuel; di antaranya Saul tidak membunuh semua orang Amalek. Karena pelanggaran atau pengabaian perintah Allah, Samuel mengatakan padanya Allah menolak dia sebagai raja Israel. Sejak itu, roh Tuhan meninggalkan Saul. Sebagai gantinya, Samuel mengurapi Daud sebagai calon raja Israel. Saul kemudian diganggu roh jahat, dikuasai kecemburuan dan kecurigaan, dan menunjukkan kebencian yang makin bertambah pada Daud, yang lebih populer dari dia. Musuh utama semasa pemerintahan Saul adalah orang Filistin. Sesudah Samuel wafat, Saul tidak lagi memperoleh tuntunan Allah, kali ini untuk berperang melawan orang Filistin. Karena membutuhkan konsultasi itu, Saul diam-diam pergi ke seorang dukun wanita pemanggil arwah Samuel di Endor. Arwah Samuel muncul dan mengatakan apa yang akan terjadi dengan Saul dalam pertempuran melawan orang Filistin nanti. Saul dan Yonatan, puteranya, kemudian bertempur melawan orang Filistin di Gunung Gilboa, tewas dalam pertempuran itu karena jatuh atas pedangnya sendiri. Puteranya pun tewas dalam pertempuran itu. Suatu kisah kepemimpinan yang sukses di awal tapi menjadi tragedi di akhir sejarah Saul dan puteranya yang menegaskan akibat orang ditolak Allah dan sebagai akibatnya mencari Dia secara sia-sia melalui konsultasi pada arwah.

“Pembunuhan dalam Roh”

Apa pun juga, Hinn percaya dia diberi urapan dan kuasa Roh Kudus yang dia pertontonkan dalam berbagai KKRnya. Salah satu KKR itu dia adakan di Toronto, Kanada, 29 Maret 2000. Dalam KKR itu, dia “membunuh dalam roh” pemuda-pemuda yang hampir memenuhi panggung KKR dengan mengatakan: “Api, api, api,… tambahkanlah api pada anak-anak ini ….” Tampak seorang pemuda seakan-akan tersengat listrik dan Benny berkomentar: “Dia tengah terkena setrum oleh kuasa Allah.” Lanjutnya: “ Api atasmu. Saya tidak pernah menyangka akan melihatnya di Kanada …. Api, api, api.” Sementara dia berkata demikian, para pemuda itu terjatuh dan dilumpuhkan oleh apa yang diduga adalah penanaman Roh Kudus.

Apakah ada contoh “pembunuhan dalam roh” di Alkitab? Tidak ada. “Pembunuhan” macam ini sebenarnya berlawanan dengan sifat Roh Kudus menurut kesaksian Alkitab. Tidak sekalipun kita membaca Roh Kudus “membunuh” orang dengan membuatnya pingsan atau lumpuh, sekalipun itu hanya sebentar saja. Kisah Rasul 2 yang memerikan pencurahan Roh Kudus pada Hari Raya Pentakosta tidak memberi petunjuk apa pun tentang siapa pun yang “dibunuh dalam roh.”

Kemudian, kata “api” yang diucapkan Benny Hinn mengacu pada baptisan api (Mat.13:11, Luk.3:16). Ini ditandai oleh lidah api yang hinggap di kepala para rasul (Kis Ras.2-3) pada perayaan Pentakosta dan bisa dilihat mereka yang hadir. Baptisan api itu bukan “setrum dari Allah” yang melumpuhkan mereka yang terkena di panggung KKR.

Apa yang bisa kita katakan tentang “pembunuhan dalam roh”? Ini tidak alkitabiah dan harus dilihat sebagai suatu penipuan.

0 komentar: